Selasa, 14 November 2017

Bank Danamon Perluas Sumber Pendapatan

Bank of Tokyo Mitsubishi UFJ Financial Group Inc (BTMU) berniat beli 40 persen saham Bank Danamon (BDMN). Nilai pembelian saham bank tersebut sekitar US$ 1,7 miliar atau 200 miliar yen. Harga Besi Beton

Lembaga pemeringkat internasional Moody's pun menilai langkah BTMU investasi di Bank Danamon memberikan kredit positif untuk BTMU. Moody's menilai investasi BTMU di Bank Danamon dapat membantu memperluas sumber pendapatan BTMU.

Bank Danamon Perluas Sumber Pendapatan

Bank Danamon merupakan bank kelima terbesar di Indonesia dilihat dari kapitalisasi pasar dan delapan terbesar jika dilihat dari total aset. Transaksi tersebut akan membuat BTMU menjadi pemegang saham terbesar Bank Danamon. Dengan transaksi itu juga bank asal Jepang tersebut punya hak di Indonesia. Sebelum tertarik dengan Bank Danamon, BTMU sudah memiliki saham di PT Bank Nusantara Parahyangan Tbk sekitar 9,35 persen saham.

Menurut Associate Analyst Moody's Rika Kimoto dalam laporannya, seperti dikutip Senin (13/11/2017), Bank Danamon akan menjadi afiliasi dengan BTMU dengan tranksasi tersebut. Diperkirakan menambah laba bersih untuk BTMU.

"Kami tidak mengharapkan transaksi ini berdampak material untuk modal BTMU karena ukuran investasi hanya satu persen dari modal grup. Akuisisi ini juga akan meningkatkan risiko aset BTMU," seperti dikutip dari laporan Moody's.

BTMU juga akan mencoba meningkatkan kepemilikan saham di Bank Danamon. Namun, hal itu melihat aturan regulator perbankan di Indonesia. Saat ini kepemilikan asing di bank sebesar 40 persen. Batasnya dapat dinaikkan bila investor memenuhi persyaratan tertentu. Harga Keramik

Investasi BTMU di Indonesia merupakan bagian upaya untuk memperluas ekspansi bisnis di luar negeri. Hal ini mengingat suku bunga di Jepang sangat rendah menekan keuntungan bank.

BTMU tentu memiliki pengalaman investasi di Asia Tenggara. Hal ini dilihat dari sejumlah kepemilikan saham antara lain BTMU menjadi pemegang mayoritas sebesar 77 persen di Bank of Ayudhya, kemudian memegang 20 persen saham di Vietnam JSC Bank, dan 20 persen saham di the Philippines Security Bank Corporation.

Moody's melihat ekspansi di pasar negara berkembang telah meningkatkan risiko bagi induk usaha BTMU, yaitu Mitsubishi UFJ Financial Group Inc (MUFG). Namun, dengan ada pengalaman punya saham bank di Thailand, Moodys harap perseroan dapat mengendalikan risiko. Harga Cat Kayu

"Kami yakin MUFG akan menyelaraskan pengendalian risiko, tata kelola korporasi dan sistem Bank Danamon dengan sendirinya seperti halnya di Bank of Ayodya. BTMU juga dapat integrasikan cabang lokal yang ada ke jaringan Bank Danamon untuk hasilkan sinergi operasional dan fasilitas integrasi dengan MUFG," tulis Moody's.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

desaincatrumah.com carstren.com urumahminimalis.com dpbbmbaru.com baktikita.com lensarumah.com dpbergerak.xyz contohrumah.com tokobahan.xyz caraceks.xyz hargaonline.xyz caratips.xyz suaraxburung.xyz situsresep.xyz dplucu.xyz carahp.xyz postekno.com